Klasifikasi Jaringan Komputer

Ditinjau dari rentang geografis yang dicakup oleh suatu jaringan - jaringan biasa dibagi menjadi 3 jenis : LAN, MAN, dan WAN.

1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang mencaku area dalam satu ruang, gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan. Sebagai contoh, jaringan dalam sati kampus yang terpadu atau disebelah sebuah lokasi peusahaan tergolong sebagai LAN.

LAN umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel UTP, kabel koaksial atauun serat optik. Namun juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut dengan Wireless LAN ( WLAN ) atau LAN tanpa kabel. Kecepatan LAN berkisar dari 10 Mbps sampai 1 Gbps. Menurut tipenya LAN dapat berupa cliet/server dan peer-to-peer.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kampus yang tesebar dalam beberapa lokasi tergolong dalam jaringan MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio.



3. Wide Area Network (WAN)

Jaringan yang mencakup antarkota, antarprovinsi, antarnegara, dan bahkan antarbenua disebut dengan WAN. Contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ). Contoh lain adalah internet.

Advertiser