Arti dari DTE - DCE - Packet Switching - Circuit Switching - Frame Relay

DTE

DTE adalah end system yang berkomunikasi melalui jaringan data publik yang telah didefinisikan. Biasanya berupa terminal, personal computer atau network hosts, dan terletak di lokasi pelanggan ( subscribers premises ).

DCE

Perangkat komunikasi seperti modem. Menyediakan interface antara DTE dengan WAN Cloud dan umumnya terletak di sisi penyedia jaringan ( ISP ). DCE biasanya berupa piranti seperti router.

Packet Switching

Packet Switching digunakan pada jaringan untuk mentransfer informasi data. Sebelum dikirimkan ke jaringan, message dipecah ke dalam beberapa message yang ukurannya lebih pendek. Message – message yang ukurannya pendek ini disebut dengan paket. Di penerima, paket – paket itu akan disusun kembali membentuk message semula. Resource jaringan di-share oleh user – user yang ada pada jaringan ( tidak dedicated ). Bila suatu user tidak mentransfer informasi maka user tersebut tidak akan menggunakan resource jaringan.

Circuit Switching

Circuit Switching digunakan pada jaringan telepon. Komunikasi berlangsung di dalam 3 tahap :
  1. Pembentukan koneksi antara 2 pihak yang berkomunikasi
  2. Transfer informasi
  3. Pemutusan koneksi

Frame Relay


Frame Relay adalah sebuah protokol yang berorientasi pada packet switching yang khusus di design untuk menyediakan koneksi digital yang lebih efisien dari suatu point tertentu ke point yang lain. Frame Relay merupakan suatu layanan data packaging yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan.

Advertiser